Super Junior Devil Music Video Review + Perfomance Review

Super junior special album, Devil..menurut gue album ini keluarnya agak ga terduga. Disaat dua member baru pergi wajib militer, lalu muncul kabar satu member udah tes di kepolisian, juga Eunhyuk yang bakal wamil juga tahun ini, yang pertama terpikir ah pasti tahun ini belum ada 8jib. Pasti bakal fokus ke sub unit seperti K.RY berhubung Yesung baru balik atau debut solo dari member yang entah siapa itu. Eh tau-tau muncul special album ini dengan songlist yang tak terduga. Hati fans pun bahagia, tapi kantong fans tak bahagia....

Yah album ini bisa dibilang semacam kejar setorannya SM dari SJ. Bentar lagi SJ kan sepi member, pemasukan paling dari sub unit (kalo ada album) ataupun kalo ada debut solo (itu juga kalo hits banget kayak Kyuhyun). Biarpun kejar setoran, kontennya terbilang keren lah. List lagu sampai 10, lengkap mulai dari yang beat, jazzy, sampai ballad semacam lagu nasional yang mendayu-dayu. Trus konsep teaser juga oke, foto teaser warna-warni mirip zaman mr.simple tapi ga sampe pamer bulu ketek aja ya. Syukurlah. Video teaser! Hmm..untuk yang satu ini agak failed mungkin...Konsepnya pengen lucu-lucuan, tapi menurut gue kurang banget, ga keluar lucunya. Sayang sekali

Nah soal MV...




Dengan konsep action movie, MV Devil penuh dengan intrik seputar wanita, uang, dan lifestyle? Hahaha jangan kira mentang-mentang judulnya Devil maka akan muncul setan laknat dengan muka menyeramkan. Devil disini mucul dengan cantik dan seksinya..wanita sebagai devil, devil itu adalah wanita. Ah sial kalo begitu, masa wanita dibilang setan (maafkan sisi feminis gue wkwk). Tapi jujur pada awalnya gue tidak terkesan dengan konsep MV Devil ini. Selain terlalu banyak eksploitasi kemolekan tubuh cewek, konsep action movienya juga kurang nendang karena panjang di awal doang pas Donghae naik motor ngejar si Devil naik mobil sport merah boleh minjem dari Tao abis MV Call Me Baby. Curiga adegan donghae naik motor diambil pas shooting MV Growing Pains. Lalu unsur action movie lainnya, yah cuma gitu doang. Bahkan agak ganggu karena too much CG in this MV.

Standar MV dan konsep action, motor keren dan mobil sport


Entah berapa kali di MV ini member diperkenalkan. Di awal udah muncul nama Siwon, eh ga lama muncul lagi. Begitu juga member lain. Mungkin tujuannya untuk memunculkan identitas ini ceritanya film loh. Eh tapi ya di film CG nama pemain juga ga muncul berkali-kali wkwk. Trus agak ga ngerti juga sama scene yang ala-ala poster film plus logo movie awards di bawahnya. Hiks nice try SM, but it looks weird :"


Beralih ke soal wanita-wanita seksi di MV ini. Whoaaa many of them in this video. Tapi tetep dari segitu banyak cuma satu yang dikejar-kejar. The Devil. Kenapa sih ga satu-satu aja, ga capek apa berebutan mulu wkwk.
Banyak cewe-cewe bule yang muncul di MV ini. Akhirnya terjadi juga apa yang gue bayangkan pas MV Mamacita belum rilis. Di Review MV Mamacita sebelumnya gue nyebutin kalau dalam bayangan gue MV Mamacita bakal dipenuhi cewek-cewek bule atau SJ ngerebutin 1 cewek bule. Perkiraan ga terjadi di Mamacita eh muncul di Devil hahaha.
Penampilan para wanita di MV ini cukup provokatif, dan bikin MV ini ga bisa gue tunjukkin ke adek yang masih SD. Lagi-lagi beda dari MV Mamacita yang sampai sekarang masih sering diputer adek gue karena itu MV favorit dia.

Dari segitu banyaknya cewek, tetep yang baju merah yang dilirik


Next soal set di MV ini. Yeah kita mash di studio, masih di dalam ruangan, tapi untungnya tanpa lampu sorot yang mengganggu. Dari semua set yang paling menarik bagi gue adalah ketika dance scene di bar itu. Agak kurang penting dan lebay mungkin tapi gue terkesima dengan populernya motif Chevron saat ini sampai di MV group kesayangan gue dia juga muncul. Gue sendiri juga baru paham dan kenal si motif unik ini karena lagi hits banget di dunia desain interior dan beberapa kali muncul di majalah dan tabloid tempat gue kerja hahaha. Saking hitsnya, chevron ga cuma muncul di partisi atau meja bar tapi juga di beha si cewek-cewek itu wkwk.

gemes banget sama motif chevron item putihnya
Kalau ngomongin soal fashion style, yah apa lagi sih yang mau dikomenin kalau udah SJ fashion style. Baju-baju di MV ini menurut gue sederhana tapi ini bagus karena menyeimbangkan konsep MV yang udah 'mewah' jadi penampilannya pas ga keramean. Good job!
Cuma..di akhir MV muncul Yesung's silly hat...

Duh topinya....jebal
Disaat yang lain dengan tampannya pake jas tanpa aksesori aneh-aneh, Yesung lari-lari pake topi tinggi itu. Tau deh yang baru keluar wamil jadi harus ada something special for him, but silly hat? Nay....
Topi pesulap Yesung ini menambah jejeran koleksi silly hat dari MV buatan SM, setelah topi bulu-bulu di Perfection SJ-M dan topi pemancing ulung di Overdose EXO. Jangan bilang bentar lagi SM jualan topi-topi konyol ini di SM Coex Artium itu..atau jangan-jangan udah ada? yahahahah

Keanehan lain yang gue dapat dari MV ini adalah pas Leeteuk single shot di depan mobil polisi. Lah sebelumnya padahal dikisahkan kalau Leeteuk ditangkep polisi karena nyolong duit bareng Yesung. Setelah diborgol, duit disita, entah bagaimana polisi bule kekar dua orang plus polwan seksi yang bisikin sesuatu itu menghilang dan Leeteuk nyanyi banyak gaya depan mobil polisinya. Yah sutradaranya sekip.



Di akhir MV mengingatkan gue pada MV Don't Don zaman dahulu kala. Tempat gelap dan api-api itu..ah untungnya ga ada Kyuhyun blonde awkward pake baju ketekan itu. Lagi-lagi masalah ketek :"D
Biarpun mengulang konsep yang lama, tapi efek apinya lebih dahsyat dan lebih keren dari yang lama kok. Bagus dan dramatis. Setelah si Devil menghilang dilalap api, tinggallah abang-abang korea terheran-heran wanita yang mereka kejar ternyata dari negara api.

Bedanya aktor dan yang bukan..hahaha Siwon-ssi control your face please

Biarpun MV Devil tidak semenarik Mamacita yang super lawak itu, tapi secara teknik kamera, efek, dan editing keren lah. Di MV ini teknik yang gue sebut hitam-putih-merah di MV Evanesce dan This is Love dikeluarin lagi dan itu bagus. Juga tone warna dari keseluruhan MV yang ga mencolok mata, sesuai dengan konsep action movie ala Casino Royale. Coba konsep actionnya dimunculin lebih banyak lagi, ga setengah-setengah dan ga terlalu banyak cewek-cewek seksinya...pasti ELF makin suka, Ya kaaan haha.

Okay this post is gonna be a loooong post.

Seteah bahas soal MV, gue juga akan bahas soal performance video Gue sebenarnya lebih excited dengan performance video ini, because my dream came true hahaha lebay.
Semenjak mengikuti kpop khususnya SM, salah satu hal yang bikin gemes adalah kenapa Dance version A-cha sama aja kayak MV nya. Cuma kamera ngeselin itu dimaju mundurin dan minus cutaway single shot. Issshhh segemes itu sama SM kenapa ga bikin dance version yang lebih rapi dan beda dari set MV sebelumnya. SM pelit dan ga mau repot, itu kesimpulannya.

Tapi kali ini, tepatnya tahun ini SM sedang berani keluar duit banyak. Setelah MV Devil yang ga murah, dengan baik hari mengeluarkan performance video atau dulu disebut dance version. Cukup puas dengan performance video ini karen ga dishoot dengan 'malas', cut to cutnya rapi, biarpun background kosong banget. Yah tetep SM itung-itungannya ngeri banget lah.

Di performance video ini juga mengabulkan keinginan gue buat liat SJ lucu dan dance seru-seruan kayak di Mamacita. Di MV Devil dance yang sebenarnya unik dan lucu ini kurang keliatan karena lebih banyak action scene. Biasanya kalau mau liat versi perfomance kita nonton comeback stage di mubank dll, tapi kadang teknik shootnya terlalu heboh dan kadang ada cameraman yang terlalu bias ke satu member hahaha, jadinya member itu terus yang disorot dan performance keseluruhan kurang keliatan. Alternatif lain liat dance performance paling dance practice video, tapi kadang kualitasnya kurang bagus dan member ga pake outfit yang oke. Jadi performance kurang lengkap.



Video ini dibuka dengan tampan oleh Siwon. Karena di salah satu variety show dulu kata Siwon setiap lagu SJ biasanya dibuka sama dia supaya imagenya keren, tapi lagu Devil dibuka oleh Kyuhyun, jadinya Siwon pembuka MV ajalah ya biar tetep keren. Yah Kyuhyun kesian :"





Gerakan pembuka dance Devil ini mengingatkan akan sesuatu, kayak pernah liat gerakan ini tapi dimanaaa gitu. Ada yang tau gerakan di atas mirip dance, joget, atau goyang apa? Duh atau cuma perasaan gue doang. Tapi dari potongan gambar pembuka diatas nunjukin kalau background yang terlalu polos dan shot yang jauh bikin SJ jadi kayak liliput. Iya sih membernya banyak jadi mesti dari jauh biar dapet semua, tapi agak kejauhan sih jadi gantengnya kurang keliatan halah.


Dance Devil unik dan ada sisi konyolnya. Suka banget sama gerakan domino dan di beberapa part member keliatannya happy banget (gatau deh beneran apa ngga happynya..ha). Teknik shoot di video ini juga bagus deh, mendukung formasi dance yang dinamis.




Happy happy leader Teuk
Konsep yang kocak tapi ada yang agak menjijikan dari video ini. Kangin meperin ingus! Hahahaha di salah satu scene Kangin bergaya cool dengan 'moles' idung dengan jari tapi saking menghayatinya kangin moles hidung terlalu dalem dan bikin gue ngebayangin itu Kangin lagi ngelap ingus dan jarinya dipeperin ke pemirsa sekalian..hiiii yaampun jorok banget pikiran gue wkwk.

nih nih gue peperin

Secara keseluruhan perfomrance devil oke banget. Fashion style, ah SJ mah udah keren soal fashion. Setelan jas putih Siwon dan sepatu putih Eunhyuk aja sih yang kurang oke karena background super polos, jadinya baju dan sepatu mereka ga keliatan. Tapi ya Siwon mah udah ganteng, Eunhyuk udah berkarisma, ga perlu baju bling-bling buat outstanding. Style beberapa member juga ada yang bikin deja vu dengan style era SFS dan SPY. Kyuhyun si ginger dan Leeteuk belah tengah. Aduh kenapa terulang lagi sih. Kurang keren :(

Jujur gue ga begitu mengikuti promosi album Devil ini. Mulai dari rilisnya teaser aja taunya telat, apalagi pas promosi di music show, sama sekali ga ngikutin. Beda dari promosi Mamacita dulu yang sampe bela-belain ikutan vote dimanapun dan se-deg-degan itu nungguin hasilnya. Hahaha masa-masa itu.
SJ BBQ, Super Junior Barbeque


No comments

Powered by Blogger.